Translate

Monday, October 8, 2012

Dangerous Goods (Q Value)


APAKAH NILAI “Q”?


Nilai “Q” harus dihitung ketika mengirim kemasan (package) barang berbahaya yang berbeda dalam kemasan luar,yang sama untuk pengiriman udara. Menurut Bagian 5.0.2.11 (g) dari International Air Transport Association Peraturan Barang Berbahaya (IATA DGR):
Rumus :

Q = n1/M1 + n2/M2 + n3/M3

Dalam rumus ini, n1, n2, dll adalah jumlah bersih per kemasan (package) barang berbahaya yang berbeda. M1, M2, dll adalah jumlah bersih maksimum per kemasan untuk barang berbahaya yang berbeda seperti yang tercantum dalam Daftar DGR IATA Barang Berbahaya untuk penumpang atau pesawat kargo (list of dangerous goods).
Sebagai contoh:
Pengirim kemasan 0,5 liter aseton (n1), 0,5 liter isopropanol (n2) dan 0,5 liter metanol (n3) dalam kemasan luar yang sama untuk pengiriman dengan pesawat penumpang. Menurut kolom J dari DGR IATA untuk barang-barang berbahaya, jumlah maksimum yang diizinkan per kemasan pada pesawat penumpang adalah 5 liter untuk aseton (M1), 5 liter untuk isopropanol (M2), dan 1 liter untuk metanol (M3).

Aseton + Isopropanol + Metanol

Rumus : Q = n1 / M1 +  n2 / M2 + n3 / M3

Q = 0,5 / 5 + 0,5 / 5 + 0,5 / 1
Q = 0,1 + 0,1 + 0,5
Q = 0,7

Dalam rangka memenuhi persyaratan kemasan, nilai Q yang dihitung tidak dapat melebihi 1. Jika tidak, jumlah barang berbahaya dikemas terlalu besar dan tidak diperbolehkan untuk pengiriman. Nilai Q yang dihitung harus dibulatkan ke tempat desimal pertama dan disertakan dengan jumlah dan jenis kemasan deskripsi pada Deklarasi Pengirim (Shipper declaration) Barang Berbahaya.
Dalam contoh nilai Q yang dihitung kurang dari 1. Dengan asumsi semua persyaratan lainnya terpenuhi, maka akan diperbolehkan untuk mengangkut  bahan tersebut dalam kemasan luar yang sama.
Hal ini tidak perlu untuk memasukkan es kering (dry ice) atau barang berbahaya tanpa batas dalam (no limit) Daftar Barang Berbahaya ketika menghitung nilai. Jika tidak, perhitungan harus dilakukan untuk kuantitas terbatas, penumpang dan kargo, dan pesawat kargo hanya pengiriman di mana lebih dari satu barang berbahaya yang dikemas dalam paket luar yang sama.

1 comment:

  1. Terimakasih saya jadi mengingat kembali pelajaran yang pernah saya peroleh. Ini inti ilmu untuk para shipper untuk DG transportation, thank you mr Unknown. Semoga Tuhan membalas amal baiknya.

    ReplyDelete