Translate

Sunday, March 8, 2015

FIRE EXTINGUSHER (ALAT PEMADAM API RINGAN), FIRE HOSE (SLANG), AGENTS (BAHAN PEMADAM)

FIRE EXTINGUISHER
Fire extinguisher adalah alat pemadam kebakaranatau pemadam api yang berbentuk tabung yang umumnya diletakkan di dinding gedung-gedung perkantoran, yang fungsinya adalah untuk memadamkan api yang masih dalam skala kecil.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari-cari vendor yang menyediakan fire extiguisher, barangkali nama ini tidak terlalu familiar bagi semua orang dan agak susah diucapkan.

Berikut adalah istilah-istilah atau sebutan lain yang mungkin bisa membantu Anda lebih mudah dalam mencari alat tersebut:

1. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

APAR merupakan singkata dari alat pemadam api ringan. Istilah ini cukup sering digunakan, dan juga mudah diucapkan. Terdapat kata "ringan" karena memang alat pemadam tipe ini dirancang untuk memadamkan api yang masih skala kecil, bukan api yang sudah membesar. 
2. Racun Api

Istilah ini digunakan karena memang terkandung zat-zat kimia tertentu di dalam tabung pemadam api tersebut. Senyawa kimia ini, atau yang sering juga disebut dengan agent, bisa berfungsi untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran.
3. Tabung Pemadam Api

Karena bentuknya yang seperti tabung, maka banyak juga yang menyebut alat ini sebagai tabung pemadam api. Di bagian tabung biasanya tertera informasi merek alat pemadam api yang digunakan, jenisnya, kandungan agent-nya, dan sebagainya.







MENGENAL ZAT PEMADAM (AGENTS) DARI FIRE EXTINGUISHER
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpBune85yVKnkYFM93woSb8edxbR40VNrVgLQVRCwqYikJm06OOvE2Aht0meBLy52xgUZxSaeBWFdy8xPBwo56ecjwtGqRTejfIMdWSc8fAwjqfZkaz-qgnsEUKqAHIiLI9BA1irXr9mU/s320/fire+agent+table.jpg
Agent Pemadam dan Kelas Api
Alat pemadam api ringan atau APAR atau fire extinguisher memiliki kandungan atau agents yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan tipenya. Hal ini disebabkan karena jenis api yang akan dipadamkan juga berbeda-beda. Berikut adalah berbagai jenis agents alat pemadam api beserta kelas api yang sesuai:

Kimia Kering untuk Multi-Purpose
Agent ini digunakan untuk api kelas A, B, dan C. Zat yang digunakan disebut mono ammonium phosphate. Zat kimia ini tidak bersifat konduktif dan sedikit bersifat korosif dalam keadaan lembab. Fire extinguisher dengan agent ini biasanya digunakan di gedung sekolah, perkantoran, rumah sakit, dan perumahan.

Kimia Kering Regular
Zat yang digunakan adalah sodium bicarbonate dan digunakan untuk api kelas B dan C. Zat ini tidak beracun, tidak bersifat konduktif, dan tidak beracun. Zat ini juga mudah dibersihkan. Biasanya pemadam ini digunakan di dapur, laboratorium, dan garasi. 

Karbon Dioksida
Cara kerja agent ini adalah dengan "menghilangkan" oksigen sehingga api berhenti membakar, namun memiliki batas-batas tertentu. Fire extinguisher karbon dioksida sangat ramah lingkungan dan tidak meninggalkan residu. Biasanya digunakan di tempat-tempat yang sensitif dengan kontaminasi seperti ruang komputer, laboratorium, tempat penyimpanann makanan, dan sebagainya. Pemadam ini digunakan untuk api kelas B dan C.

Halotron
Agent ini merupakan zat cair yang menguap, tidak merusak ozon dan tidak meninggalkan residu. Cocok digunakan untuk ruang komputer, tempat telekomunikasi, bioskop, dll. Digunakan untuk api kelas A, B, dan C.

Foam
Fire extinguisher dengan agent foam atau busa bekerja dengan mengapung di atas api yang berkobar agar api bisa lebih dikendalikan dan mencegah terjadinya percikan. Biasanya digunakan di garasi, perumahan, kendaraan, dan workshop. Cocok digunakan untuk api kelas A dan B.

Purple K Dry Chemical 
Zat agent yang digunakan adalah potassium bicarbonate. Tidak bersifat konduktif dan tidak bersifat korosif. Biasanya fire extinguisher ini digunakan di fasilitas militer, perusahaan minyak, di kendaraan, dll. Kelas api yang sesuai untuk fire extinguisher ini adalah kelas api B dan C.

Air
Tentu saja, air merupakan agent yang paling umum yang sering kita dengar dalam memadamkan api. Sayangnya, air tidak cocok untuk kelas api B dan C karena bersifat konduktif. Alat pemadam api dengan air biasanya digunakan di ruang penyimpanan, sekolahan, perkantoran, dll. Hanya cocok untuk digunakan di kelas api A. 

Wet Chemical 
Agent yang digunakan adalah potassium acetate. Cara kerjanya adalah dengan membentuk foam yang dapat mencegah terjadinya percikan api kembali. Fire extinguisher ini digunakan untuk memadamkan api kelas K dan biasanya ditemukan di area masak memasak seperti restoran atau cafe


SELANG PEMADAM (FIRE HOSE) 
http://www.gunnebo.com/id/SiteCollectionImages/Fire%20Products/Firehose.jpg









Varian selang pemadam :

Selang Pemadam Alfagomma PVC Suction Hose
·                     PVC dengan warna transparan
·                     Tahan air dan ozon
·                     Kawat spiral yang terbuat dari baja
·                     Kisaran suhu: -5°C +60°C (+23°F +140°F)
·                     Approval: Ianesco
·                     Negara asal: Italia


Selang Pemadam Euroline Polyster
·                     Bahannya terbuat dari 100% bahan polyster yang kuat dengan jahitan yang sirkular
·                     Lapisan dalamnya sangat kuat, dengan karet sintetis yang sangat ringan, dan sangat minim gesekan
·                     Tahan terhadap cuaca dan air laut
·                     Tahan terhadap ozon
·                     Ringan dan fleksibel
·                     Temperatur berkisar antara -40C hingga +100C
·                     Cocok digunakan untuk unit pemadam kebakaran, perumahan, gedung, hotel, kapal, kilang minyak, irigasi, agrikultur, kehutanan, industri kertas

Selang Pemadam Firebreak Rubber
·                     Bahannya terbuat dari 100% bahan polyster yang kuat dengan jahitan yang sirkular
·                     Bahannya ditanamkan dengan karet padat yang telah divulkanisir
·                     Tahan air laut, cuaca, minyak, asam, zat kimia, pelapukan, dan sinar UV
·                     Kisaran temperatur: -30C hingga +80C

Hose Reel
·                     Dirancang sesuai dengan standar Australian Standard AS1221
·                     ukuran standard selang pemadam ¾”, 1” and 1 ½”
·                     tipe swing, fixed dan floor-mounted


MENGENAL ALAT PEMADAM API FIRE EXTINGUISHER
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmk5NGZNsuM9jYoJBNwbZKPL97FdORavkSqxyCidV4fGX79B8Ogen1_OfM2sPfZuX9lS8jwCzOt1MWmH3tzZtkmqsCMsXGpdkeoZ-zMNHpLrA3ARTdSRh4BN-h7y8J-86xKepgYkq2OFM/s200/Racun+Api+Dry+Chemical.jpg
Apakah fire extinguisher itu? Fire extinguisher atau yang biasanya disebut racun api, adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api skala kecil yang biasanya berbentuk tabung dan untuk kebutuhan pemadaman api yang sifatnya darurat.

Alat pemadam api ini tidak diperuntukkan untuk pemadaman api yang sifatnya sudah out-of-control, seperti kebakaran dimana api yang telah membakar langit-langit bangunan, atau situasi-situasi kebakaran yang memang hanya bisa diatasi oleh petugas pemadam kebakaran yang sudah terlatih.

Racun Api di Gedung dan Perumahan
Di Amerika Serikat, ketersediaan fire extinguisher merupakan sebuah keharusan di setiap gedung dan akan diperiksa setidak-tidaknya setahun sekali oleh instansi yang berwenang. Di Indonesia sendiri kalau kita lihat hampir di setiap gedung dan perkantoran memiliki fire extinguisher atau racun api yang tabungnya biasanya dipasang di dinding.

Sementara, untuk penggunaan rumahan, idealnya adalah setiap rumah memiliki satu tabung racun api. Para ahli bahkan menyarankan untuk rumah yang cukup besar sebaiknya menyediakan satu fire extinguisher di dapur, satu di garasi, dan satu lagi di ruang kerja (workshop)

Klasifikasi Fire Extinguisher
Racun api atau fire extinguisher dibagi menjadi 4 kategori berdasarkan perbedaan tipe-tipe api. Masing-masing pemadam api juga memiliki rating numeric, yang menunjukkan besarnya api yang bisa ditangani oleh fire extinguisher tersebut. Semakin besar angkanya, semakin besar kemampuan memadamkan apinya.

Berikut adalah tipe-tipe alat pemadam api fire extinguisher:

Class A Fire Extinguisher
Pemadam untuk material-material umum yang mudah terbakar seperti kertas, kayu, kardus, dan plastik. Angka rating pada pemadam tipe ini menunjukkan banyaknya air yang terkandung serta besarnya api yang dapat dipadamkannya.

Class B Fire Extinguisher
Pemadam untuk zat-zat cair (liquid) yang mudah terbakar seperti gasoline (bensin), kerosin, minyak dan oli. Angka rating pada pemadam tipe ini menunjukkan berapa persegi wilayah api yang dapat dipadamkannya.

Class C Fire Extinguisher
Pemadam untuk api yang disebabkan oleh alat-alat elektrik, seperti peralatan rumah tangga, kabel, circuit breakers, dan sebagainya. Jangan pernah menggunakan air untuk memadamkan api kelas C ini, karena resiko tersetrum akan jauh lebih besar. Racun api kelas C ini tidak memiliki angka rating.

Class D Fire Extinguisher
Pemadam api kelas D seringkali ditemukan di ruang laboratorium kimia. Pemadam ini untuk memadamkan api yang melibatkan bahan-bahan metal yang mudah terbakar, seperti magnesium, titanium, potassium dan sodium. Fire extinguisher ini juga tidak memiliki rating angka.


Adalah sangat penting untuk mengetahui tipe fire extinguisher yang akan Anda gunakan. Menggunakan tipe pemadam yang salah malah dapat mengancam keselamatan jiwa Anda.

No comments:

Post a Comment